IoT Business Accelerator atau disingkat IoT Bizlator merupakan inisiatif dan inovasi Pemerintah untuk menghubungkan Pengguna IoT dan Penyedia IoT di Indonesia melalui website maupun fasilitasi pertemuan langsung. Tujuan dari kegiatan IoT Bizlator ini adalah menciptakan jumlah Penyelenggara Jasa Telekomunikasi yang dapat menyediakan Solusi IoT.
20 November 2023
Panduan dapat mengunduh disini (pada kolom faq)
1. Penyedia IoT dapat memilih menu “Daftar” dan memilih menu Daftar sebagai “Penyedia”.
2. Silakan mengisi data Nama, No. Handphone, E-mail address, dan password.
Perlu diperhatikan bahwa Pengguna website harus mempersiapkan Dokumen NIB dan KTP Penanggung Jawab untuk diupload sebagai syarat pendaftaran.
Setelah data-data sudah lengkap, silakan klik “Daftar” dan Pengguna website akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan verifikasi melalui e-mail.
3. E-mail verifikasi akan dikirimkan ke e-mail yang didaftarkan. Silakan klik link aktivasi dan masukkan OTP yang dikirimkan melalui email untuk dapat melakukan verifikasi e-mail.
4. Dashboard
Setelah melakukan verifikasi e-mail, pengguna website akan diarahkan menuju “Dashboard” akun. Pengguna website dapat mengubah password dan edit info perusahaan melalui menu ini.
5. Mengubah Password
Untuk mengubah password, silakan klik tombol “Change Password” kemudian isikanpassword baru pada bagian Masukkan password Baru Anda lalu klik tombol “Simpan” untuk mengganti password Pengguna website.
6. Menambahkan Akun
Fitur ini memungkinkan Penyedia untuk memiliki beberapa Akun dalam 1 perusahaan. Silakan pilih menu Akun kemudian klik tombol +Tambah Akun.
Silakan melengkapi data berikut untuk menambahkan akun kemudian klik Simpan
7. Edit Data Perusahaan
Untuk mengubah data perusahaan, silakan klik tombol “Perusahaan”. Silakan isikan data yang ingin Pengguna website ubah kemudian klik tombol “Update Biodata Perusahaan”.
20 November 2023
Panduan dapat mengunduh disini (pada kolom faq)
1. Pilih menu Produk pada Dashboard, lalu pilih menu “+Tambah Produk”
2. Silakan pilih Tipe Produk.
Jika penyedia menyediakan seluruh Perangkat, Jaringan, Platform, dan Aplikasi maka dapat dicentang semua opsi. Untuk opsi Perangkat merupakan default sehingga penyedia wajib menyediakan setidaknya Perangkatnya saja.
3. Untuk Spesifikasi Jaringan, Platform, dan Aplikasi hanya akan muncul jika memilih/centang opsi Jaringan, Platform, dan Aplikasi pada tipe produk.
4. Jika proses pengisian data untuk Spesifikasi Produk belum selesai, Penyedia dapat menyimpan progress dengan klik tombol Simpan Pada Draft.
Data yang ditersimpan dapat dilanjutkan kembali pengisiannya di lain waktu.
5. Jika proses pengisian data Spesifikasi Produk telah selesai, Penyedia dapat klik tombol Simpan & Publish untuk menambahkan produk. Jika sudah berhasil maka produk akan menunggu proses verifikasi oleh Admin KOMINFO dan dapat dilihat pada menu Produk.
Produk yang belum terverifikasi akan menunjukkan status Waiting pada keterangan Produk Validasi.
6. Admin KOMINFO dapat menerima dan menolak pengajuan produk. Apabila pengajuan produk ditolak, Pengguna website dapat memperbaiki sesuai catatan dari Admin KOMINFO dan mengajukannya kembali
a. Pengajuan produk ditolak
Pengguna website dapat menghapus/memperbaiki detail produk yang ditolak dengan memilih menu Edit.
b. Pengajuan produk diterima
Jika pengajuan produk diterima, maka produk yang diajukan dapat ditayangkan. Untuk melihat daftar produk Pengguna website yang ditayangkan, dapat dilihat pada Dashboard dengan memilih menu Produk.
Produk yang tayang akan menunjukkan status Display pada keterangan Produk Display.
© 2023 Direktorat Telekomunikasi