Sinyal Mengudara : Kisah di Balik Layar Suksesnya Upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara


       Upacara HUT ke-79 RI telah dilaksanakan pada Sabtu (17/8/24). Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, perayaan tahun ini terasa lebih istimewa. Dengan mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", peringatan kemerdekaan kali ini menjadi tonggak sejarah baru. Untuk pertama kalinya, upacara bendera digelar serentak di dua lokasi ikonik : Istana Merdeka, simbol sejarah perjuangan bangsa, dan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), representasi masa depan Indonesia.
         Kemajuan teknologi informasi menjadi kunci sukses pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan kali ini. Konektivitas yang kuat antara Istana Merdeka dan Istana Negara IKN memastikan setiap rangkaian acara berlangsung secara sinkron. Dibawah Pimpinan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-79 berjalan khidmat baik di Istana Merdeka maupun Istana Negara IKN.
         Dalam rangka mempersiapkan upacara peringatan HUT RI ke-79, Direktorat Telekomunikasi secara proaktif melakukan koordinasi intensif dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan berbagai pihak terkait, termasuk PT Indonesia Comnet Plus (Icon Plus), PT Telkom Indonesia Tbk, PT Telekomunikasi Selular, PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk, PT XL Axiata, dan PT Smart Telecom Tbk untuk penyediaan layanan telekomunikasi di IKN khususnya menjelang pelaksanaan Upacara 17 Agustus. Kegiatan koordinasi meliputi pemantauan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) oleh pemegang hak perlintasan untuk memastikan kualitas jaringannya.

 
       Untuk memastikan kelancaran komunikasi selama upacara, Direktorat Telekomunikasi telah melaksanakan pemantauan intensif terhadap kualitas jaringan tiga operator, yaitu Indosat Ooredoo Hutchison, Telkom Group, dan XL Axiata, mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus.
         “Saya sangat puas dengan kualitas jaringan selama perjalanan menuju dan di dalam kawasan IKN dimana layanan seperti streaming video dan bertukar pesan dapat digunakan secara lancar tanpa gangguan” ujar Aditya dan Surya, dua pengguna layanan operator seluler, pengunjung IKN asal Samarinda. Siti Aminah dan Siti Hawa selaku undangan Upacara peringatan HUT RI ke-79 mengungkapkan “Sangat puas dengan kualitas jaringan yang handal di IKN. komunikasi dengan teman dapat tetap berjalan dan tidak ada kendala”. Abed, petugas pembangunan rumah susun ASN 4, memberikan apresiasi atas kualitas jaringan yang baik di wilayah IKN . Meskipun demikian, beberapa petugas Pembangunan rumah susun ASN 4, Yono, Alfi, dan Farhan, masih mengeluhkan adanya gangguan sinyal dan berharap agar kualitas jaringan dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.
      Pemantauan terus dilakukan oleh Direktorat Telekomunikasi dengan mendorong sinergi antar penyelenggara telekomunikasi agar tercipta keterpaduan penyedia layanan sesuai dengan visi IKN dalam mewujudkan kota dunia untuk semua, untuk menerapkan prinsip nyaman dan efisien melalui teknologi.

Baca Berita Lainnya