Jelang Pemilu 2024, Kementerian Komunikasi dan Informatika Gelar Sosialisasi Untuk Menjaga Netralitas ASN


Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan sosialisasi netralitas ASN, Sosialisasi ini merupakan kegiatan preventif untuk mendukung pemilu damai 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian Kominfo mulai dari Kominfo Pusat, TVRI, dan RRI dari seluruh wilayah di Indonesia.

Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi kementerian Komunikasi dan Informatika menuturkan “ASN diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk apapun, dan berpihak kepada kepentingan siapapun dalam menjunjung nilai asas Netralitas”, dalam pembukaan Sosialisasi Netralitas ASN.

Dalam sosialisasi Netralitas ASN Farhan Abdi Utama juga menegaskan “ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon peserta pemilu dalam berbagai bentuk dukungan, mulai dari menjadi peserta kampanye, hingga membuat kebijakan berdasarkan kepentingan pihak tertentu”



Paparan Septria Minda Eka Putra menyebutkan tatacara menjaga Netralitas ASN salah satunya:
1.    Tidak memasang spanduk calon peserta pemilu di lingkungan kerja maupun di pekarangan rumah.
2.    Tidak diperbolehkan menyukai ataupun menyebarkan unggahan terkait dengan calon peserta pemilu.
3.    Tidak boleh membuat cuitan, menyukai, menyebarkan, ataupun mengikuti akun pemenangan calon peserta pemilu.
4.    Tidak boleh mengunggah foto maupun video bersama calon peserta pemilu, maupun tim sukses, ataupun alat peraga calon peserta pemilu.
5.    Tidak boleh mengikuti kampanye calon peserta pemilu.
 
Sosialisasi ini menghadirkan Farhan Abdi Utama selaku Asisten Komisioner ASN, serta Septria Minda Eka Putra Subkoordinator Penyusunan Perancangan Peraturan Perundang undangan Bidang Hak Pegawai ASN Badan Kepegawaian Negara.

Diakhir sosialisasi Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Imam Suwandi, mengajak pegawai kementerian Kominfo untuk tetap menjaga netralitas selama masa Pemilu 2024.

Link materi :
https://komin.fo/MateriKASN_NetralitasASN
https://komin.fo/MateriBKN_NetralitasASN


 

Baca Berita Lainnya