Survei Greenhouse Sebagai Persiapan Pemberian Bantuan Pemerintah Untuk Layanan Solusi IoT


Direktorat Telekomunikasi mengunjungi Greenhouse Krisan Kelompok Tani Hijau Daun, Ciwalen, Sukaresmi, Cianjur Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Telekomunikasi bersama dengan Direktorat Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian telah melaksanakan survei ke beberapa greenhouse bunga Krisan di Kabupaten Cianjur pada tanggal 24-26 Agustus 2023.

Pelaksanaan survei ini dalam rangka melihat kesiapan kelompok tani dalam menerima bantuan solusi IoT untuk pertanian serta menganalisis kemungkinan implementasi IoT pada fasilitas-fasilitas greenhouse tersebut. Hal-hal utama yang diperhatikan dalam survei lapangan ini antara lain yaitu ketersediaan akses, listrik, sumber air, serta sinyal seluler (4G).

Dengan adopsi teknologi IoT, para petani bunga krisan diharapkan dapat memonitor kondisi lingkungan dalam greenhouse secara real-time. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pertumbuhan bunga krisan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya seperti air dan nutrisi. Selain itu, layanan IoT juga dapat memberikan peringatan dini terkait kondisi yang berpotensi merugikan tanaman, seperti perubahan suhu ekstrem atau kelembaban yang tidak sesuai.

Program bantuan pemerintah ini diharapkan dapat menjadi stimulus yang membantu petani dari sisi kesiapan teknis maupun finansial untuk dapat menggunakan teknologi IoT secara berkelanjutan di satu sisi dan linear pada sisi lain dapat meningkatkan penetrasi layanan IoT di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Telekomunikasi juga mendukung penyelenggara telekomunikasi khususnya penyelenggara Sistem Komunikasi Data (Siskomdat) untuk menyediakan layanan IoT di bidang pertanian.

Baca Berita Lainnya