Partisipasi Direktorat Telekomunikasi pada Acara Peresmian e-pipakabel Pushidrosal TNI AL


Pada hari senin, tanggal 6 Maret 2023, bertempat di Kantor Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Ancol Timur , Jakarta Utara, Direktur Telekomunikasi, Ditjen PPI, Kominfo, beserta jajarannya menghadiri acara peluncuran (Launching) Aplikasi Elektronik Pipa Kabel Bawah Laut (E-PIPAKABEL) yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh KSAL RI, Laksamana Muhammad Ali, Danpushidrosal, Laksdya TNI Nurhidayat, Kepala Badan Informasi Geospasial Muh Aris Marfai, perwakilan dari Kemhan, KKP, Kemenhub, Kemen ESDM, KLHK, BKPM serta para Pemrakarsa terkait.

Saat ini kondisi jalur pipa dan/atau kabel bawah laut yang tergelar di seluruh wilayah perairan Indonesia masih belum tertata dengan rapi, sehingga dapat menimbulkan permasalahan terkait aspek teknis, keselamatan pelayaran, pertahanan dan keamanan, perlindungan lingkungan laut serta aspek politis.

Dengan melalui aplikasi sistem informasi E-Pipakabel maka akan memudahkan proses monitoring sebagai bentuk transparansi dalam tahapan pelaksanaan mekanisme penyelenggaraan pendirian dan/atau penempatan bangunan dan instalasi di laut serta merupakan penjabaran dan implementasi dari Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 42 tahun 2022
 
Dalam kesempatan ini Direktorat Telekomunikasi juga menyampaikan proses perizinan jaringan telekomunikasi sebagai salah satu bagian dari persyaratan dalam penyelenggaraan sistem komunikasi kabel laut, baik kabel laut dengan rute domestik maupun kabel laut rute internasional.

Menkomarves berharap agar proses bisnis yang telah terdigitalisasi ini mendapat dukungan semua pihak yang terlibat dan dapat memperkuat penciptaan iklim berusaha yang kondusif di Indonesia.
 

Baca Berita Lainnya