Sesi Diskusi Evaluator : Pelaku Usaha Antusias Ikuti Sosialisasi Migrasi Perizinan Penyelenggaraan Telekomunikasi ke OSS RBA


Jakarta, 26 Agustus 2024 - Direktorat Telekomunikasi menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dan sosialisasi migrasi perizinan penyelenggaraan telekomunikasi ke Online Single Submission (OSS) berbasis risiko (RBA) bagi pelaku usaha yang telah memiliki izin terbit penyelenggaraan telekomunikasi sebelum Undang Undang Cipta kerja / OSS RBA berlaku.
 

 
Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan asosiasi penyelenggara telekomunikasi, Masyarakat Telematika (MASTEL), akademisi, serta pelaku usaha. Direktur Telekomunikasi, Aju Widya Sari, menyampaikan pentingnya migrasi perizinan ke OSS RBA. Sistem OSS merupakan layanan dalam jaringan (daring) penerbitan izin berusaha yang dapat digunakan oleh semua pelaku usaha. Selain itu, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem OSS merupakan pelaksanaan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
 

"Melalui FKP ini, kami ingin membuka ruang dialog dengan seluruh stakeholder FKP ini dapat menjadi kegiatan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara Direktorat Telekomunikasi sebagai penyelenggara layanan publik dengan stakeholder terkait untuk membahas antara lain Rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan, dan hal lain terkait pelayanan publik perizinan telekomunikasi dalam rangka transparansi dan efektifitas untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan sehingga dapat meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan publik", ujar Direktur Telekomunikasi.
Jumlah data Penyelenggara yang telah berlaku efektif sebelum UU Cipta kerja/OSS RBA

Dalam sosialisasi ini, peserta diperkenalkan secara mendalam mengenai standar pelayanan perizinan telekomunikasi terbaru yang telah ditetapkan dalam Keputusan Direktur Nomor 36 Tahun 2023. Selain itu, Salah satu highlight dari acara ini adalah sesi praktek langsung berupa simulasi migrasi perizinan. Dengan adanya sesi ini,diharapkan Pelaku Usaha dapat lebih memahami prosedur migrasi dan mendapatkan bantuan langsung dari tim Evaluator Direktorat Telekomunikasi untuk mengatasi kendala yang mungkin timbul.
 

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, diharapkan pelaku usaha telekomunikasi dapat semakin memahami dan memanfaatkan sistem OSS RBA dalam mengurus perizinan usahanya. Direktorat Telekomunikasi berkomitmen untuk terus mendampingi Pelaku Usaha dalam menjalankan bisnis di sektor telekomunikasi. Ikuti terus media sosial kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai sosialisasi, informasi terbarukan terkait kemudahan perizinan lainnya.

Materi Sosialisasi : https://rb.gy/yyjh3r
 
 

Baca Berita Lainnya